Jumat, Juli 04, 2008

Hari Minggu Datang Lagi

Hari Minggu datang lagi. Mau bangun rasanya masih malas, habis semalam ngobrol di rumah teman sampai jam 12. Apalagi cuaca pagi ini agak mendung. Ntarlah satu jam lagi aja.

Udah jam 7:30, kayaknya udah harus bangun nih. Sarapan, mandi, lalu berpakaian. Ceritanya siap-siap mau pergi ke gereja. Sekarang udah jam 8:15 santai dulu ah, toh anak-anak juga masih asyik bermain. Ibadah dimulai jam 8:30, pastilah kali ini terlambat! Biar ajalah, kasihan juga istri, dan pembantu masih sibuk: nyiapin cemilan buat anak, baju ganti (maklum anak masih kecil), ngunci pintu rumah, dll.

Jam 8:30 udah mulai jengkel, lalu mulai marah-marah ayo dong! Ini udah jam berapa? Masak kita terlambat lagi? Stresss ……

Akhirnya semua siap tapi jelas sudah terlambat. Di jalan ngebut, klakson bunyi terus, anak ribut dikit dimarahin, istri ngomong juga dimarahin.

Nyampe juga di gereja. Dengan hati jengkel setengah berlari masuk ke gereja. Lagu penyembahan sudah lewat, sekarang masuk ke lagu pujian. Lagunya gembira, tapi karena hati udah keburu jengkel, rasanya udah nggak berminat nyanyi lagi. Berdiri aja sambil ngelihatin orang-orang. Itu worship leader kok liriknya salah ya? Lagu ini juga beat-nya harusnya rada lambat. Itu pemain tambourine juga kayak belum hapal gerakannya, kok ngelihat temannya melulu.

Ya udah, pujian selesai. Waktunya memberi persembahan. Astaga...! Duit didompet kosong, tadi malam kan dipake buat beli sepatu. Yah, namanya juga buru-buru, harusnya tadi mampir di ATM dulu. Untung di kantong ada duit ribuan. Daripada nggak ada, nggak apalah ngasih sedikit, kan nggak ada juga yang lihat.

Sekarang waktunya khotbah. Ya ampun, pendetanya yang ini lagi. Kalau dia yang khotbah rasanya bosan, bikin ngantuk aja! Pendetanya minta jemaat untuk membaca secara bergantian, ah nyebelin. Saya kan paling malas bawa Alkitab. Lagian kenapa sih pake baca Alkitab sama-sama gitu? Kan malah jadi nggak jelas kedengarannya. Lirik kiri kanan, semuanya pegang Alkitab. Yang duduk di samping mau minjamin Alkitab, tapi belagak nggak butuh: “Nggak usah Pak, saya dengerin aja”. Setelah selesai, mulailah pendetanya khotbah. Benar kan kotbahnya membosankan. Udah nggak bermutu, panjang lagi. Rasanya udah pengen pulang aja, tapi entar dulu ah … masih ada satu persembahan lagi. Nggak enak dilihat orang kalau pulang sebelum persembahan.

Selesai doa persembahan, jemaat mulai berdiri untuk menyanyikan pujian terakhir dan doa berkat. Tapi kalau nanti pulang pas selesai doa berkat, pasti jadi ikutan ngantri di pintu. Mendingan pulang sekarang ajalah, mumpung masih sepi. Lalu langsung ngeloyor keluar. Ah lega … akhirnya kewajiban gereja minggu ini sudah terpenuhi. Sekarang bisa lanjut cari makan.

Habis makan nggak sengaja ketemu orang-orang yang baru pulang gereja. Dengan senyum ceria dia berkata, "Hai udah disini ya. Tadi di gereja duduk di depan saya kan? Tadi ibadahnya istimewa ya? Roh Kudus benar-benar terasa hadir di tengah-tengah kita. Selamat hari Minggu ya …. Tuhan memberkati."

Sayapun bengong. Kami kan gereja di tempat yang sama. Rasanya dari awal sampai akhir nggak ada satupun yang beres, kok bisa-bisanya dia merasa begitu terberkati. Akhirnya saya jadi malu sendiri, karena baru saja mengabaikan berkat dari Tuhan. Semua terjadi karena saya tidak mempersiapkan hari ini, khusus buat Tuhan.



Dirangkum dari: hasil diskusi, baca artikel, nanya-nanya, dan ... pengalaman sendiri. Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar: